‎Wiji Thukul “Muncul Pertama Kali di depan Publik Swiss” didampingi Direktur PFN

Wiji Thukul “Muncul Pertama Kali di depan Publik Swiss” didampingi Direktur PFN
Locarno, Swiss, 9 Augustus 2016
Istirahatlah Kata-Kata film tentang penyair Wiji Thukul tayang pertama kali di dunia pada 9 Agustus 11.00 pagi waktu Swiss, berkompetisi pada sesi Cineasti del Presente. Di depan lebih dari 500 orang, Film yang disutradarai Yosep Anggi Noen itu mendapat tepuk tangan panjang setelah pemutaran berakhir.

Sebelum film dimulai, Carlo Chatrian, Director artistik Locarno International Film Festival memberikan pengantar bahwa Istirahatlah Kata-Kata adalah film dari Indonesia, tentang seorang aktivis, pembuat puisi yang juga sekaligus ayah yang punya peran penting dalam perkembangan demokrasi di Indonesia,
“Saya sangat senang karena yang membawa kisah ini adalah sutradara yang 4 tahun lalu membawa film panjang pertamanya ke Locarno. Tahun ini dia kembali dengan film keduanya.”

Abduh Aziz, direktur Produksi Film Negara yang mendampingi Yosep Anggi Noen, Yulia Evina Bhara (Produser), Marissa Anita (pemain Sipon) ke Locarno mengatakan bahwa, “PFN sangat mendukung film ini bisa tayang di Indonesia kepada publik luas, diterimanya Istirahatlah Kata-Kata di Locarno International Film Festival, membutikan Indonesia kaya akan cerita kemanusiaan yang bisa dikembangkan oleh para pembuat film lainnya. Film ini harus tayang di bioskop Indonesia. ” Ujar Abduh.

Anggi, sang sutradara dalam sesi tanya jawab menyampaikan “Wiji Thukul adalah salah satu dari banyak para pejuang demokrasi yang memungkinkan saya untuk membuat film. Tanpa terbukanya ruang demokrasi pada tahun 1998 di Indonesia, mustahil bagi saya untuk bisa dapat memperlihatkan film ini kepada anda semua. Di dalam film ini saya memberikan ruang untuk puisi-puisi Wiji Thukul bisa terdengar lagi. Saya juga ingin menunjukkan perjalanan hidup seorang sastrawan yang mendiami hidup dan kata-kata.”
“Kami datang ke Locarno didampingi oleh Institusi negara yaitu Direktur PFN dan Perwakilan dari Kemdikbud, ini dukungan yang penting dan kami yakin bahwa akhir tahun 2016 nanti film Istirahatlah Kata-Kata dapat kami perlihatkan kepada masyarakat Indonesia di bioskop seluruh Indonesia.

Ketika salah seorang penonton bertanya: apakah generasi muda Indonesia tahu tentang Wiji Thukul? Yulia Evina Bhara menjawab, “Untuk itulah film ini dibuat, agar kami dan generasi muda Indonesia belajar tentang sejarah, bahwa demokrasi diperjuangkan oleh banyak orang dan salah satunya adalah Wiji Thukul”
Marisa Anita yang dalam film ini memerankan Sipon, Istri Wiji Thukul mengatakan bahwa “ Di Film ini suara Wiji Thukul terdengar. Dulu sangat terdengar di tahun 80-90 an, dengan film ini semoga generasi kami juga bisa mendengar suara Wiji melalui puisi-puisinya.”

Selain Abduh Aziz, Direktur PFN, turut mendampingi berangkatnya delegasi Istirahatlah Kata-Kata adalah Ahmad Mahendra, Kasubdit Program Evaluasi dan Dokumentasi Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Kemdikbud RI.
Sesi tanya jawab dipandu oleh Mark Peranson, Direktur program Locarno International Film Festival.

Film Istirahatlah Kata-Kata adalah produksi kolaborasi bersama Muara Foundation, Partisipasi Indonesia, KawanKawan Film dan LimaEnam Films. Mari kita saksikan film ini di bioskop Indonesia pada akhir tahun 2016.
Kontak:
Yulia Evina Bhara-Produser: 081282275648- yuliaevina@gmail.com

Chocolat

When the sight of melted dark chocolate sends chills throughout my body, what does it mean?

The sensation tickles.

Imagine . . . Does it remind you of that moment when the one you love caress your skin for the first time? A piece of memory impressed in your mind, a history that will never fade . . . . . . . . . . . . . . . .

Jakarta, 27 July 2016, 18:48

 

Raindrops, Music and Peace

Jakarta, 19 July 2016, 5:15pm

I’m sitting alone in my office looking out as the raindrops kiss the grey glass of my window. Listening to Joao Gilberto’s S’wonderful while my White Gardenia candle burns calmly next to my computer screen. And suddenly I feel, being happy can be that simple.  Even just like this, in this current state, in this moment,  I find peace.

Life: The Eternal Pursuit of Meaning and Happiness

The first time I watched Eat Pray Love, I was perhaps too young to understand. I remember that I was not very impressed by the film. I thought it was just about a privileged woman from New York not being able to find happiness when everything that went around her was fine. She had a beautiful place in New York, married for eight years but still managed to feel unhappy. I did not get her, at all.

I watched it the second time last night. Still not very impressed by the film and how it was directed and how the script was written and how the scenes were edited and laid down. But this time, I understood the character better. It was most likely because now I’m a little older and have gone through, let’s say, some events in my life that have given me a better understanding of what she went through.

Was it depression? Was it a midlife crisis? She was feeling nothing and needed to find meaning in her life, needed to find what she wanted in life. She decided to take a sabatical from New York and flew to Italy, India and Indonesia — a year out of the Big Apple. Did she find what she was looking for? Did she find happiness? It was still unclear when the film ended. I have not read the book so am not sure either if she in the end finds “happiness” when the book ends either. But whatever the ending is, I figure that life, at least mine, is about discovering little happiness everyday. We will stumble upon little sadness everyday too. Little sadness, big sadness, little happiness, big happiness, and little sadness, happiness, big sadness, big happiness, big happiness, little happiness, big happiness and little sadness and happiness and the so the cycle of life goes . . .

Film imitating life imitating film. It’s funny how sometimes, in some inexplicable way, we seem to watch films we relate to at a certain stage of our lives. You can’t help but think and self reflect as the credits scroll up on the big screen. Some films perhaps make us feel worst, but some make us a little bit more optimistic.

 

 

MengHakimi Hati

Ketika suara-suara mengHakimi itu masih terus menghantui, ia tersadar bahwa ia mulai kehilangan jati diri.

“Palsu! Naif! Jangan selalu menempatkan diri sebagai korban! Muak!” . . . terus bergema tiada henti, gema pengHakiman yang sebenarnya lahir dari kegelisahan Sang Hakim. Namun sayang, rentetan ujaran ini terlanjur merasuk dalam Hati.

Perkenankan saya bercerita tentang Hati.

Hati, dulu hangat dan terbuka, kini tak lagi menjejak pasti dan mulai membenci diri. Sekali lagi, Hati membenci dirinya sendiri.

Goresan dari sayatan pertama belum kering, sudah ditusuk lagi dengan belati ke dua. Luka kedua hampir sembuh, harus kembali sobek dengan hantaman ketiga. Darah segar mengucur deras dari Hati yang sudah biru hitam lebam. Merah darah menjadi simbol bara amarah dan rasa sakit yang lahir dari tuduhan tak berdasar.

Hati remuk akibat suara Hakim. Suara yang dahulu samar terdengar bak gaung dari nirwana ternyata hanya menyamar. Suara itu kini menjelma menjadi gemuruh parau yang pahitnya terasa di ujung lidah terluar, tengah, hingga kanan kiri, hingga pangkal, bagai empedu yang tak sabar mencengkik leher, merampok napas, merenggut, mengerut-keriput dan membekukan hati yang dulu merah, hangat, berdegup dan hidup.

Hakim telah mengkhianati rasa dan harapan dalam Hati.

Remuk redam, Hati masih berusaha untuk berdegup, sementara darah terus mengalir meninggalkan rumahnya. Hati mempercepat degupnya agar darah segera tinggalkan dirinya karena baginya, darah adalah sumber Rasa. Hati tak ingin lagi merasa. Ia mau Rasa hilang dan akhirnya mati.

 

 

 

 

 

 

A Splendid Torch

A Splendid Torch by George Bernard Shaw

This is the true joy in life, the being used for a purpose recognized by yourself as a mighty one; the being a force of nature instead of a feverish, selfish little clod of ailments and grievances complaining that the world will not devote itself to making you happy.

I am of the opinion that my life belongs to the whole community, and as long as I live it is my privilege to do for it whatever I can.

I want to be thoroughly used up when I die, for the harder I work the more I live. I rejoice in life for its own sake. Life is no “brief candle” for me. It is a sort of splendid torch which I have got hold of for the moment, and I want to make it burn as brightly as possible before handing it on to future generations.

 

What kind of world is this?

When accomodating is considered the opposite

When being kind is considered otherwise

When being warm is seen as selfish

When being understanding is considered selfish

When helping is seen as selfish

When loving is seen as selfish

When being compassionate is seen as selfish

When being compassionate to oneself is seen as self centered, when one is surely not capable of compassion for others when one is not capable to give compassion to oneself.

When one starts to question oneself for all the things one does well (or one used to think do well)

 

 

What world are we living in?

Should we listen to ourselves or the world?

Or if we listen to ourselves, our hearts, will that be seen as selfish, too?

 

What kind of world am I living in?

 

 

Why?

To live

To live in the moment

To rejoice happiness when it says hello to you in that moment

 

Why can’t we just live?

Why can’t we just live in the moment?

Why can’t we rejoice and relish happiness when it says hello to us in that moment?

Why can’t we trust the process? That whathever happens in life happen.

That we don’t know what life will bring and that’s alright.

Yes we worry about the future, but we should not let that worry overcast this moment – a moment where we are actually living.

Relish this moment. Why can’t we just relish this moment?

Instead of rejoicing in happiness, why do we have to always find flaws in this being called happiness? Why can’t we trust ourselves that it is OK to be happy. And if something bad happens along the way, it’s just how life is. And how life is as well, during that journey we will find happiness again. It’s the wheel of life.

We may not have tomorrow. Why can’t we just rejoice when we can rejoice?

 

 

 

 

I Heart NY

“It was official. A new season had begun. Maybe our mistakes are what make our fate. Without them, what would shape our lives? Perhaps, if we never veered off course, we wouldn’t fall in love or have babies or be who we are. After all, seasons change, so do cities. People come into your life and people go. But it’s comforting to know, the ones you love are always in your heart. And if you’re very lucky, a plane ride away.” – Carrie Bradshaw.

Tentang Eurydice.

Pernah mencintai, namun ujungnya berpisah

Perpisahan yang selalu terasa abu-abu, Muram.

Lebih baik pernah mencinta atau tidak sama sekali?

Lebih baik mengingat atau melupakan?

Melupakan untuk ingat?

Atau mengingat untuk lupa?

Ketika bicara cinta dan perpisahan,

kenangan indah bagai buah terlarang di Taman Eden.

Satu gigitan yang membuang manusia dari Nirwana selamanya

Rasa yang sesaat manis, namun menyakitkan.

Mencintai sesungguhnya adalah membiarkan ia yang kita cinta

menjadi atau merasakan sesuatu sesempurna mungkin.

Mencinta yang sesungguhnya kadang berarti

melepaskannya pergi.

Eurydice Poster.jpg

Eurydice adalah sebuah lakon Bahasa Inggris persembahan Jakarta Players tentang cinta, kehilangan, dan keinginan untuk melupakan namun juga untuk merengkuh kembali memori indah yang pernah lewat dalam hidup kita. Lakon Eurydice adalah adaptasi modern dari mitologi Yunani Orpheus dan Eurydice.

Eurydice meninggal pada hari pernikahannya dengan Orpheus. Orpheus berusaha untuk turun ke “alam selanjutnya” untuk kembali bersatu dengan Eurydice.

“Sebuah meditasi tentang kondisi manusia. Lembut, kaya dan menyentuh” – Now Toronto, 2015

“Devastatingly lovely.” – The New York Times, 2006