The Ghost Writer

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa mantan perdana menteri Inggris Tony Blair begitu antusias bergabung dengan Amerika Serikat dalam perang di Iraq?

Sutradara Roman Polanski menawarkan sebuah jawaban nakal dalam kisah fiksi teranyarnya The Ghost Writer. Kolaborasi Polanski dan novelis Inggiris Robert Harris ini mengisahkan seorang penulis bayangan, The Ghost (Ewan McGregor), yang bertugas menulis memoir seorang mantan perdana menteri Inggris Adam Lang (Pierce Brosnan) setelah penulis sebelumnya tewas secara misterius – entah karena kecelakaan atau bunuh diri.

Adam Lang tersandung kasus kejahatan perang. Ia dicurigai menyerahkan sejumlah tersangka teroris Iraq ke CIA untuk disiksa.

Semakin dalam The Ghost menyelidiki masa lalu Lang, semakin ia mengetahui rahasia gelap di balik perilaku politik Lang. Setiap rahasia membawa The Ghost ke malapetaka yang lebih besar. Dalam The Ghost Writer, Polanski secara brilian menciptakan  ketegangan yang makin meningkat melalui adegan-adegan yang terkonstruksi secara klasik tanpa harus menggunakan trik perfilman modern seperti efek visual berlebihan dan teknik editing super cepat.

Film ini kembali menunjukkan mengapa Polanski dianggap sebagai salah satu sutradara terbaik di dunia!

Bisa dibilang The Ghost Writer merupakan satir kehidupan mantan perdana menteri Inggris Tony Blair. Ruth Lang, istri Adam Lang yang diperankan akris Inggris Olivia Williams pun mengingatkan kita pada Cherie Blair – wanita pintar dan sukses, pendamping setia Tony Blair. Dalam film ini,  Ruth Lang, wanita kuat, manipulatif, dan berkepribadian keras, perlahan tidak hanya kehilangan cinta dari sang suami, namun juga pengaruh politiknya terhadap suaminya.

The Ghost Writer bisa dibilang kembali menaikan pamor para pemeran di dalamnya. McGregor yang akhir-akhir ini berperan dalam film-film yang kurang populer di mata pengkritik film seperti Amelia, Men Who Stare at Goats dan Deception, kembali menunjukkan kebolehannya dengan akting yang halus namun tajam. Hal yang sama terjadi pada mantan agen 007 Pierce Brosnan.

Sejak kontrak film James Bond habis pada tahun 2002, Brosnan tampak tidak berhenti memainkan karakter ‘Mister Ganteng’ berkarakter monoton dan membosankan dalam berbagai produksi film-film berikutnya. Namun kemampuan beraktingnya dalam The Ghost Writer kembali mencuri perhatian. Selain tubuh yang terlihat fit di usianya yang ke-56, Brosnan mampu memerankan seorang pejabat tinggi yang karismatik dan keras namun rentan.

Setelah lama vakum dari dunia pertelevisian, aktris Kim Catrall kembali hadir dalam political thriller bergaya Hitchcock ini sebagai sekertaris Adam Lang yang tampak selalu bersitegang dengan sang istri Ruth Lang. Meski aktingnya mendukung cerita, Catrall yang berkebangsaan Amerika tampak kesulitan melafalkan aksen Inggris secara sempurna.

Meski begitu banyak persamaan antara karakter Adam Lang serta orang di sekitarnya dengan kehidupan Tony Blair, Polanski menyangkal bahwa film ini tentang Blair – mungkin untuk menghindari tuntutan hukum pencemaran nama baik. Polanski sendiri sudah berada dalam masalah besar – ia menjadi buronan Amerika Serikat sejak tahun 1978 setelah terlibat dugaan kasus pelecehan seksual terhadap seorang perempuan di bawah umur.

Proses pengambilan gambar rampung sebelum ia ditahan pihak kepolisian Zurich pada akhir tahun 2009. Meski demikian, semangatnya dalam merampungkan The Ghost Writer tidak pudar. Ia menyelesaikan editing sebagai tahanan rumah di Gstaad.

Sebelum terlibat dalam perang Amerika Serikat dan Iraq, Tony Blair bagaikan perdana menteri yang sempurna bagi sebagian besar warga Inggris. Ia selalu berpihak pada keingingan dan kepentingan rakyatnya.

Ketika Blair memutuskan untuk perang dengan Iraq, popularitasnya turun drastis dan tidak sedikit yang mengkritik Blair sebagai “boneka” pemerintahan Presiden AS George W. Bush. Dunia hingga kini masih bertanya-tanya mengapa Blair begitu mudah “disetir” Bush.

Tentunya hanya Blair yang tahu. Namun Polanski berusaha menjawab dalam fantasi fiksi-nya The Ghost Writer – sebuah “teori konspirasi” yang cerdas dan menghibur.

IMDB: http://www.imdb.com/title/tt1139328/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: