Test Pack: I’m Your Baby

Cinta, kebohongan putih, kesalahpahaman, cinta lama bersemi kembali, impian membangun sebuah keluarga, tekanan orang tua, perceraian, menjadi bumbu-bumbu drama dalam film karya teranyar Monty Tiwa: Test Pack I’m Your Baby. 

Test Pack berkisah tentang sepasang suami istri – Rahmat (Reza Rahadian) dan Tata (Acha Septriasa) – yang telah menjalin hidup bersama selama tujuh tahun. Hari-hari penuh cinta mereka lewati berdua, namun tiba saatnya kebahagiaan ini mereka lengkapi dengan kehadiran seorang anak.

Tujuan baru dalam hidup mereka ini langsung menjadi bagian dari lika-liku kehidupan mereka. Dari konsultasi dokter, bercumbu, bercinta, posisi kondusif agar pembuahan berhasil, test urin, suntik hormon, emosi yang naik turun setelah suntik hormon – semua ini terbalut unsur komedi yang menggelitik, romansa yang hangatkan jiwa dan drama yang membuat Anda mengernyitkan dahi. Proses memiliki anak tidak selalu menjadi hal yang mudah. Stress dan tekanan psikologis ini perlahan memperbesar jarak antara Rahmat dan Tata. Drama semakin intens ketika mantan Rahmat – Shinta (Renata Kusmanto), sang model berkaki jenjang, berparas ayu dan berperangai lembut – kembali datang “menganggu”.

Film yang diambil dari novel karya Ninit Yunita ini adalah film drama komedi romantis yang memiliki alur cerita yang rapi dan dialog natural. Ini membuat penonton mudah mengikuti cerita dan mengerti emosi setiap karakter.

Setelah menonton beberapa film Reza Rahadian, saya menyimpulkan aktor muda Indonesia ini memang memiliki kemampuan luar biasa untuk menarik perhatian para penonton. Bukan hanya karena wajahnya yang rupawan, namun lebih karena kemampuannya membawakan sebuah peran dengan meyakinkan. Setiap gerakan dan raut wajahnnya tidak pernah over dramatis – layaknya kita semua di kehidupan sehari-hari. Ini dia rahasia performa Reza. Dalam karakternya kali ini, Reza mengajak kita melihat perangai dan emosi seorang pria/suami bertanggungjawab dan sayang istri yang menghadapi godaan duniawi, ego pria dan rasa takut gagal.

Meski berperan pembantu yang hanya keluar masuk dalam beberapa scene, satu lagi aktor yang mencuri perhatian yakni Gading Marten dengan gerak-gerik dan ucapannya yang sangat natural.

Chemistry antara Reza dan Acha terjalin baik. Kemesraan antara keduanya membuat Anda tersenyum. Ketegangan antara keduanya membuat Anda (saya) menangis.

Peran pembantu yang berperan sebagai “si pengganggu” jatuh pada model kawakan Indonesia Renata Kusmanto. Pemilihan peran ini menurut saya tepat. Wajah dan perangai model yang akrab dipanggil Enya ini sangat lembut – membuat karakter Shinta multidimensi bagi penonton.

Shinta juga baru saja keluar dari pernikahan yang gagal dan kembali lagi mencari cinta. Shinta berharap kembali meraih cinta dari sang mantan Rahmat. Shinta mungkin melancarkan seluruh jurus untuk merebut hati Rahmat – menelepon, mengirimkan pesan pendek, menemui Rahmat, belanja bersama, mengundang Rahmat makan malam di rumahnya. Namun semua itu ia lakukan atas dasar cinta yang tulus dan perasaan senasib. Tokoh antagonis yang dibungkus protagonis mungkin menjadi ekspresi yang bisa menggambarkan Shinta. Penonton yang semestinya kesal dengan si pengganggu kini bisa jadi turut simpati pada Shinta – Dilematis!

Selain para aktor muda, aktor senior Meriam Belina dan Jaja Mihardja turut ambil peran menjadi simbol pernikahan puluhan tahun di ambang perceraian.

Setiap bingkai gambar Test Pack selalu “berbicara”, penuh arti dan mendukung pesan atau rasa yang ingin sutradara/penulis sampaikan. Penyuntingan Test Pack juga efisien dan pas.

Bagi Anda yang telah membaca novel dengan judul sama karya Ninit Yunita, filmnya memang berbeda. Namun sang penulis tidak takut penggemar novel Test Pack kecewa. (Tempo.co, 27 Agustus 2012).

Test Pack mengangkat sebuah pertanyaan: Apakah saling cinta antara suami istri, tanpa anak, cukup untuk hidup bersama selamanya? Cari jawabannya di Test Pack I’m Your Baby. 

%d bloggers like this: